Konferensi Pertama ADPHI

Asosiasi Dosen Perbandingan Hukum Indonesia (ADPHI) untuk pertama kali menyelenggarakan Konferensi Nasional bertajuk “Perbandingan Hukum dan Perkembangan Sistem Hukum: Konvergensi atau Divergensi?” selama dua hari pada Kamis dan Jumat (20/07/2017-21/07/2017) di Gedung A, Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.

Prof. Topo Santoso, S.H., M.H., Ph.D, ketua ADPHI serta Prof. Dr. Abd Shomad, S.H., M.H (Dekan Fakultas Hukum UNAIR) membuka konferensi yang diikuti oleh 80 orang pemakalah dari berbagai kalangan. Sebagian besar pemakalah merupakan dosen dari berbagai universitas, namun kesempatan konferensi ini dimanfaatkan juga oleh para mahasiswa program doktor dari berbagai universitas.

Prof. Topo dalam sambutannya menyatakan konferensi bertujuan menyediakan forum ilmiah bagi akademisi dan praktisi untuk tukar menukar ide-ide di bidang perbandingan hukum dan pembangunan sistem hukum dan bagaimana relasi antara kedua hal tersebut berkembang di masa depan.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Perbandingan dan Perkembangan Sistem Hukum” yang disampaikan oleh Keynote Speech, yaitu Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., MCL.

Panitia memformat konferensi dengan dua sesi utama per harinya. Sisi pertama untuk pembicara-pembicara undangan, sementara sesi kedua, dari siang sampai sore, diperuntukkan untuk pemakalah yang terbagi menjadi beberapa kamar pembahasan.

Prof. Henning Glaser (Director of the German-Southeast Asian Center of Excellence for Public Policy and Good Governance (CPG) dan Iman Prihandono, S.H., LL.M., Ph.D (Kepala Departemen Hukum Internasional FH UNAIR) merupakan para pembicara undangan hari pertama. Sedangkan para pembicara undangan hari kedua, Iwan Satriawan, S.H., MCL, PhD (FH Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) dan Susi Dwi Harijanti, SH, LL.M., Ph.D. (FH Universitas Padjajaran, Bandung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *